Dukungan Sukanto Tanoto Untuk Pendidikan Melalui Tanoto Foundation

 

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sebuah yayasan pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto, Tanoto Foundation, berkolaborasi dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk memberikan beasiswa pendidikan kepada 35 siswa Sekolah Menengah Atas di Cerenti, Kabupaten Kautan Singingi. Dukungan beasiswa ini dikhususkan bagi para pelajar yang secara ekonomi kurang mampu, namun memiliki keunggulan di bidang akademis.

Setiap pelajar yang mendapatkan bantuan beasiswa ini, menerima dana pendidikan yang cukup besar. Masing-masing dari mereka menerima bantuan sebesar Rp 3 juta untuk satu tahun. Program beasiswa ini tentunya sangat membantu para pelajar tersebut, terlebih lagi bagi mereka yang orang tuanya memiliki keterbatasan ekonomi. Salah seorang penerima beasiswa bercerita bahwa dirinya khawatir tidak bisa melanjutkan studi, karena orang tuanya hanya berpenghasilan Rp 700.000 perbulan. Namun sejak menerima beasiswa Tanoto Foundation dan PT RAPP, kekhawatiran tersebut pun hilang, bahkan kini ia bisa melanjutkan sekolahnya hingga lulus.

Bantuan Pendidikan dari PT RAPP

Sejak tahun 2009 hingga 2016, Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan PT RAPP untuk memberikan bantuan dana beasiswa kepada sekitar 892 pelajar, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di sekitar Cerenti, Baserah dan Logas. Dana sebesar Rp1,6 miliar pun telah digelontorkan untuk para pelajar yang mendapatkan beasiswa dari Tanoto Foundation dan PT RAPP.

Inisiatif ini muncul langsung dari Sukanto Tanoto selaku pendiri Tanoto Foundation dan kelompok usaha besar Royal Golden Eagle. Sukanto Tanoto menyalurkan berbagai macam bantuan pendidikan melalui Tanoto Foundation. Tujuannya adalah untuk memutuskan rantai kemiskinan yang selama ini menjadi permasalahan utama bagi masyarakat Indonesia. Dengan meningkatnya mutu pendidikan, secara tidak langsung juga akan menghapuskan rantai kemiskinan di Indonesia. Sumbangsih ini juga merupakan wujud dari 4 filosofi perusahaan yang selalu diterapkan oleh Sukanto Tanoto, dimana setiap kelompok usaha RGE, harus berdampak baik untuk masyarakat, baik untuk begara, baik untuk iklim dan baik untuk perusahaan.

Tanoto Foundation selalu ingin mengambil peran untuk menyalurkan beasiswa kepada semua pelajar yang memiliki potensi di masa depan. Semua ini dilakukan Tanoto Foundation demi mengurangi kemiskinan di daerah.

Selain itu, menurut Tanoto Foundation, kualitas guru yang baik juga merupakan salah satu faktor utama dalam proses belajar dan mencetak kualitas individu yang lebih baik di masa depan. Maka dari itu¸ sejak tahun 2012 Tanoto Foundation selalu memberikan berbagai macam pelatihan bagi para guru seperti, Manajemen Perpustakaan, Pelatihan Lingkungan dan Sanitasi Sekolah hingga pelatihan guru melalui program Pelita Guru Mandiri.

Anda bisa ikuti Sukanto Tanoto melalui sosial media Facebook, Twitter, Tumblr and LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.