Kemitraan Asian Agri dan Petani  Berbuah Kesuksesan

Asian Agri adalah perusahaan produsen minyak sawit terkemuka di Indonesia yang memproduksi minyak sawit mentah (crude palm oil). Asian Agri didirikan oleh seorang pengusaha dan filantropis, Sukanto Tanoto pada 1979. Sejak didirikan, Asian Agri telah mengelola lebih dari 100.000 hektar lahan yang terdiri dari 27 perkebunan sawit.

Dalam menjalankan operasionalnya, Asian Agri menerapkan praktik kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia dan menjadi pelopor dari salah satu skema kemitraan komunitas terbesar di Indonesia. Sistem kemitraan ini membawa Asian Agri meraih kesuksesan di industri kelapa sawit. Sejalan dengan filosofi Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation, sistem kemitraan ini berfokus untuk memberikan kesempatan bagi setiap petani untuk menjadi lebih produktif dan potensial.

Penyerahan Dana Subsidi Sebesar 2,6 Miliar

Sukanto Tanoto dan Asian Agri terus membina hubungan jangka panjang dan kemitraan dengan para petani lokal. Dana sebesar 2,62 miliar dibagikan Asian Agri kepada 29.000 petani yang tergabung dalam enam Koperasi Unit Desa (KUD).

Acara penyerahan subsidi tersebut diadakan pada 21 Desember 2016 lalu. Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita dan Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya turut hadir dalam acara tersebut. Dalam pidatonya, mereka menyampaikan apresiasinya terhadap para petani mitra Asian Agri.

“Pembagian hasil dari penjualan tahun 2015 ini merupakan bentuk apresiasi Asian Agri kepada para petani yang konsisten menetapkan praktik perkebunan berkelanjutan. Asian Agri tidak mungkin bisa memimpin industri kelapa sawit tanpa adanya kemitraan dengan para petani,” jelas Freddy Widjaya, Direktur Asian Agri.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Asian Agri dan petani mitra. “Sistem kemitraan Asian Agri dengan para petani memberi dampak positif pada kualitas minyak sawit di Indonesia. Upaya yang dilakukan Asian Agri dalam membantu petani untuk mendapatkan sertifikasi, membuat kami berkomitmen untuk mempertahankan sektor pertanian berkelanjutan di Indonesia,” jelasnya.

Berkat dukungan Sukanto Tanoto dan bantuan teknis pertanian dari Asian Agri, enam KUD di Riau dan Jambi mendapatkan sertifikasi produksi minyak sawit berkelanjutan.

Dapatkan informasi mengenai inisiatif berkelanjutan dan tanggung jawab sosial Asian Agri dengan mengunjungi website RGE milik Sukanto Tanoto di Facebook, Twitter, Tumblr, atau Linkedin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.