Strategi Jitu Sukanto Tanoto Membawa Ekspansi RGE

Tahun 2016 merupakan tahun yang spesial bagi kelompok usaha RGE. Kelompok usaha yang didirikan oleh Sukanto Tanoto pada 1973 ini, berhasil meneguhkan dirinya sebagai perusahaan terkemuka dalam industri sumber daya alam. Pengelolaan bisnis RGE antara lain kelapa sawit, pulp dan kertas, dan gas bumi. Kesuksesan RGE selama 50 tahun ini tak luput dari peran serta Sukanto Tanoto sebagai pendiri dan pemilik RGE.

Memperluas Jaringan Bisnis ke Amerika Utara dan Selatan

Di tahun 2016, RGE juga melebarkan usahanya ke wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Di Brasil, RGE berhasil melakukan privatisasi terhadap Bracell, perusahaan produsen selulosa. RGE melalui anak perusahaannya, Pacific Oil and Gas juga mendapatkan persetujuan proyek Woodfibre LNG di Kanada. Ekspansi ini membuktikan kesuksesan dan kemampuan RGE untuk berkompetisi di pasar global.

Keempat filosofi bisnis yang digagas oleh Sukanto Tanoto ini menjadi dasar dari segala kegiatan perusahaan, juga merupakan bukti nyata dari penerapan tujuan Tanoto Foundation. Tanoto Foundation didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

RGE juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak di tahun 2016, salah satunya adalah APRIL yang menerima Penghargaan Hijau dari Pemerintah Indonesia.

Penerapan Filosofi 5C pada RGE Group

RGE Group dan kelompok bisnisnya selalu berusaha untuk menciptakan nilai bersama  dengan menerapkan filosofi Sukanto Tanoto. APRIL, salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar di Indonesia yang merupakan anak perusahaan RGE Group, mengelola kawasan konservasi pribadi terbesar di dunia, yaitu sebesar 260.000 hektar.

Sateri, perusahaan milik Sukanto Tanoto lainnya, menggunakan sumber alami dan terbarukan dengan menggunakan pohon perkebunan industry untuk menghasilkan serat viscose. Selain itu, Pacific Oil and Gas yang mengelola Woodfibre LNG memperkerjakan masyrakat lokal sebagai pegawai dengan tujuan menyediakan lapangan kerja.

Sukanto Tanoto saat ini bisa dibilang telah meraih kesuksesan. Masalah-masalah seperti ketidaksetaraan sosial dan perubahan iklim membuat perusahaan ingin melakukan perubahan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat.

One thought on “Strategi Jitu Sukanto Tanoto Membawa Ekspansi RGE”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.