Penerapan Sistem Kemitraan Petani oleh Asian Agri

Asian Agri merupakan salah satu anak perusahaan kelompok usaha Royal Golden Eagle (RGE) yang didirikan oleh pengusaha dan filantropis, Sukanto Tanoto. Sejak didirikan pada 1979, Asian Agri berupaya untuk memaksimalkan produksi kelapa sawit dengan meningkatkan pola kemitraan dengan para petani lokal.

Saat ini Asian Agri memiliki sekitar 100.000 hektar lahan perkebunan kelapa sawit yang terdiri dari 27 perkebunan yang dikelola dengan menerapkan praktik berkelanjutan. Sistem kemitraan petani yang diterapkan oleh Asian Agri sejalan dengan filosofi Tanoto Foundation, yaitu untuk memberikan kesempatan pada setiap orang agar memaksimalkan potensi diri. Di bawah kepimpinan Sukanto Tanoto, Asian Agri pun berhasil sukses dengan menerapkan sistem kemitraan petani.

Pembagian Insentif kepada Petani Mitra

Asian Agri membagikan dana sebesar Rp 2,62 miliar kepada enam perwakilan Koperasi Unit Desa (KUD) yang beranggotakan 29.000 petani mitra. Ini merupakan bentuk komitmen Sukanto Tanoto dan Asian Agri dalam menjalin hubungan jangka panjang dengan para petani mitra. Enam KUD yang berada di Riau dan Jambi tersebut telah berhasil mendapatkan sertifikasi berkelanjutan di bidang kelapa sawit atau Sustainable Palm Oil Certification.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Direktur Asian Agri Freddy Widjaya hadir dalam acara pembagian subsidi pada 21 Desember 2016 lalu. Freddy Widjaya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para petani mitra. Dia menjelaskan jika dana yang dibagikan kepada para petani merupakan insentif daripenjualan minyak sawit berkelanjutan Asian Agri.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan jika sistem kemitraan Asian Agri dengan petani memberikan dampak positif pada kualitas minyak sawit Indonesia. Ia berharap, sistem kemitraan ini dapat terus dipertahankan dan semakin berkembang.

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai program inisiatif keberlanjutan dan tanggung jawab sosial Asian Agri dengan mengunjungi situs Royal Golden Eagle milik Sukanto Tanoto di Facebook, Twitter, Tumblr, dan LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.