RGE dan Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Hutan Indonesia menempati urutan ke-8 sebagai hutan terbesar di Indonesia. Di Asia, total luas hutan Indonesia merupakan yang terbesar. Sebagai pengelola perusahaan berbasis sumber daya alam khususnya kehutanan, Royal Golden Eagle milik Sukanto Tanoto memahami pentingnya bersahabat dengan alam.

RGE berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan melakukan konservasi hutan sebagai bagian dari kepedulian terhadap lingkungan. RGE melalui salah satu perusahaan di dalam grupnya yaitu APRIL telah melakukan konservasi dan melindungi lebih dari 250.000 hektar hutan yang memiliki nilai konservasi tinggi di wilayah izin perusahaannya.

Untuk memastikan hal tersebut RGE memiliki komite penasihat yang independen untuk mengaudit kegiatan yang dilakukan apakah sesuai dengan kebijakan pengelolaan hutan berkelanjutan yang telah dibuat. Komite independen dipilih untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan ini menjadi transparan.

RGE juga mempersiapkan alat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang meliputi helikopter dengan kru pemadam kebakaran, pemboman air, truk pemadam kebakaran dan amfibi serta tim reaksi cepat. Karena kebakaran bisa menjadi penyebab banyak masalah yang serius seperti banjir, longsor dan polusi udara akibat dari asap hasil pembakaran. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kebakaran, RGE juga membuat program desa bebas api dengan cara memberikan insentif dan memberikan penyuluhan kepada desa-desa agar ikut dalam program ini. Program desa bebas api juga diharapkan bisa menghentikan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang melakukan kegiatan tebang bakar. Kegiatan tebang bakar ini merupakan tindakan ilegal yang bisa merusak lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.