3 Kunci Kesuksesan Bisnis ala Sukanto Tanoto

Semua orang pasti mendambakan kesuksesan. Setiap orang berbeda beda dalam mengukur sukses itu sudah tercapai apa belum. Seorang mahasiswa menentukan ukuran dari perolehan IPKnya. Seorang karyawan mungkin mengukur kesuksesan melalui pencapaian karir. Seorang pengusaha mungkin mengukur kesuksesan ketika omset penjualannya mencapai angka tertentu jadi sukses itu bisa dikatakan subjek. Lain orang, lain pula ukurannya.

Jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah, jika jalan menuju kesuksesan itu mudah pasti semua orang akan menjalaninya dan banyak orang yang sukses namun tidak sedikit pula yang gagal. Alasan mengapa tidak pernah mencapai kesuksesan karena seseorang berhenti sebelum seseorang memulai atau beberapa langkah setelah seseorang memulai. Ada perasaan ingin berhenti di tengah jalan, ketika menghadapi kegagalan dan frustasi di jalan menuju kesuksesan.

Ada seorang pengusaha sukses bernama Sukanto Tanoto. Ia adalah salah satu pendiri sebuah lembaga filantropi, yaitu Tanoto Foundation. Sebelum mendirikan Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto, mendirikan sebuah perusahaan yang dulunya dia merintis dari 0, bernama RGEĀ  (Royal Golden Eagle) yang dalam bahasa Indonesia adalah Raja Garuda Emas, sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang sektor pengelolaan sumber daya alam.RGE didirikan pada tahun 1973. Selain menjadi pengusaha, Sukanto Tanoto adalah visioner dan pioneer berbakat untuk beberapa industri di Indonesia. Dia memulai usaha pertama dengan pengelolahan industri kayu. Prestasi-prestasi yang ia miliki tidak perlu diragukan lagi. Dia pun memiliki beberapa perusahaan yang sudah dia kelolah sendiri, salah satu contoh April Grup dan Asian Agri.

Menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah, tidak secepat dengan prediksi yang selama ini kita impi-impikan. Terdapat 3 cara sukses yang selama ini sudah diterapkan oleh Sukanto Tanoto kepada anak-anaknya. Pertama adalah pengusaha yang memiliki kegigihan yang tinggi dalam melakukan suatu hal. Oleh karena itu, kita sebagai pengusaha harus selalu gigih dan ulet pada saat melakukan usaha.

Lalu menjadi seorang pengusaha yang sukses selanjutnya adalah yang berinovasi dan dapat menciptakan perbedaan. Being uniqueness is the key. Memulai suatu usaha harus membutuhkan yang namanya ide yang kreatif, inovatif, dan menarik. Dengan menjadikan bahan, yang akan dipasarkan, lalu diubah menjadi unik berbeda dari yang lain, akan memiliki kesan tersendiri bagi pengusaha atau bahasa lainnya adalah unik. Dengan produksi yang kreatif bisa menjadikan perusahaan banyak diperbincangkan dan akan berdampak positif bagi perusahaan.

Lalu langkah ketika adalah semangat belajar yang tinggi, itu merupakan kunci utama menjadi pengusaha sukses. Anderson Tanoto, anak Sukanto Tanoto mengatakan pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang selalu belajar dari kegagalan dan pengalaman orang lain yang sudah sering kita liat kesehariannya dan kita sebagai penonton. Lakukan sebuah perbaikan agar hal tersebut tidak terulang kepada kita. Dengan kegagalan dari pengalaman orang lain tersebut, bisa belajar bagaimana harus menjalankan usaha anda. Dan berikut ketiga kunci kesuksesan ala Sukanto Tanoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *