Generasi Muda Harus Berani Berwirausaha

Berwirausaha adalah merupakan sebuah usaha dimana kita bisa mendapatkan penghasilan. Sudah sering kita jumpai di lingkungan sekitar atau bahkan kita sendiri merupakan tipe orang yang suka melakukan suatu hal yang menghasilkan. Berwirausaha sama halnya dengan menjadi seorang entrepeneur. Tidak ada bedanya dari kedua, hanya saja mungkin untuk bahasa usaha yang dikelola dalam bentuk besar dan berupa perusahaan besar, biasa kita dengar dengan nama entrepeneur.

Entrepeneur-entrepeneur muda pun mulai bermunculan. Generasi-generasi muda saat ini terbilang sangat kreatif. Selain itu juga dengan mereka membuka suatu usaha, mereka juga bisa membantu orang-orang di sekitar mereka. Apalagi dengan perekonomian sekarang ini yang cukup ketat. Indonesia sendiri merupakan negara yang menempati posisi ke-4, yang penduduknya banyak. Ditambah lagi dengan kekayaan alam yang melimpah yang dimiliki, berpotensi menjadi kekuatan ekonomi dunia. Hal ini juga harus didukung dengan peningkatan jumlah entrepeneur yang signifikan.

Beberapa tahun belakangan ini banyak entrepreneur muda bermunculan. Semisal 17 entrepreneur muda Indonesia yang dinobatkan pada “30 Under 30 Asia” versi majalah Forbes. Program ini tentang 30 entrepreneur di bawah usia 30 di wilayah Asia yang dianggap sebagai pemimpin menjanjikan, entrepreneur andal, dan game changer dan hal ini terdiri dari Social Entrepreneurs, Consumer Tech, Healthcare & Science, dan lainnya. Keberhasilan mereka dapat berpengaruh untuk generasi-generasi muda yang lain. diharapkan generasi muda yang lain dapat terinspirasi oleh mereka.

Dengan bekerja sama dengan Magister Managemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) menggelar Tanoto Entrepreneurship Series. Acara ini dilaksanakan untuk mengajaka generasi muda agar lebih berani dalam berwirausaha dan acara tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2011 silam. Acara yang menghadirkan entrepreneur sukses Indonesia untuk membagi kiat kesuksesan dalam entreprenuership kepada mahasiswa program MM FE UI, yaitu: Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto, sebagai pendiri Tanoto Foundation sangat mendukung pengembangan entrpreneurship di Indonesia.

Selain itu, Sukanto Tanoto juga memiliki selalu menekankan tiga karakter yang membuatnya berhasil membawa RGE Group menjadi perusahaan global. Dia selalu menekankan kepadanya anaknya untuk melakukan 3 karakter tersebut, yaitu: karakter pertama adalah kerja keras. Kedua adalah berorientasi jangka panjang, di mana profit bukan hanya satu-satunya tujuan utama, tetapi harus dapat memberikan imbas yang positif kepada masyarakat, negara, dan lingkungan. Sedangkan karakter yang ketiga adalah semangat pantang menyerah. Hal tersebut seperti Sukanto Tanoto selalu tekankan dalam prinsip 4Cs yaitu Good for Community, Good for Country, Good for Climate, and Good for Company.

Tanoto Entrepreneurship Series sendiri merupakan bentuk kontribusi dari Tanoto Foundation dalam menginspirasi generasi muda menjadi wirausahawan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *