Terjaganya Keragaman di Kerinci Berkat Riau Andalan Women Association

Pangkalan Kerinci, ialah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Kecamatan Kerinci merupakan istana Asian Agri, yang merupakan salah satu anak perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), yang bergerak di bidang produksi minyak sawit. Tak hanya Asian Agri, terdapat pula unit bisnis lain milik RGE di Kerinci, yang bergerak di bidang bubur kertas, yaitu Asia Pacific Resources International Holdings Limited (APRIL). Dua perusahaan besar tersebut didirikan oleh seorang pengusaha sukses bernama Sukanto Tanoto.

Keputusan Sukanto Tanoto untuk mendirikan APRIL dan Asian Agri di Kerinci, merupakan sebuah hal yang tepat. Sukanto Tanoto telah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan taraf hidup layak masyarakat Kerinci dan sekitarnya. Sukanto Tanoto telah berkontribusi mengubah daerah yang sebelumnya tertinggal, menjadi sebuah daerah yang sangat berkembang. Awalnya,  kecamatan ini hanya memiliki 200 tempat tinggal. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan dan pembalak liar. Namun semua itu berubah ketika Sukanto Tanoto menginvestasikan usahanya di Kerinci. Kini, Kerinci telah menjadi kota yang lebih berkembang, dengan jumlah populasi penduduk sebanyak 102.000 jiwa, dan pertumbuhan infrastruktur seperti jalan sepanjang 11.000 km, sebuah bandara kecil, dan dua pelabuhan tempat pengiriman barang.

Terdapat berbagai  kelompok etnis dan budaya yang tinggal di Kerinci. Meskipun demikian, mereka tetap hidup secara berdampingan dan damai. Kerukunan ini lah yang selalu dijaga oleh Azrina Rudi Fajar, Ketua Riau Andalan Women Association (RAWA) periode 2016/2019. Ia memiliki visi untuk selalu menjaga persatuan di dalam keragaman.

RAWA merupakan program yang sangat penting bagi masyarakat Kerinci. Terutama dalam usaha mendukung peran perempuan di APRIL dan RAPP. Selain itu, RAWA juga berperan dalam hal dukungan kepada perempuan untuk berbagi pengetahuan tentang kesehatan ibu, anak, dan bidang lainnya. Hal ini tentunya penting untuk mempromosikan peran perempuan dalam perkembangannya di masyarakat.

RAWA beranggotakan para perempuan yang bekerja atau memiliki suami yang bekerja di APRIL atau RAPP. Tujuan lain dari didirikannya RAWA adalah untuk mendidik sesama anggota dalam bergotong royong memberikan layanan sosial seperti pelatihan keterampilan dan penyuluhan kesehatan.

Prinsip didirikannya RAWA mengacu pada 4 filosofi utama perusahaan Royal Golden Eagle, yaitu setiap unit operasi harus memiliki dampak yang baik untuk masyarakat, baik untuk negara, baik untuk iklim dan baik untuk perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *